Atmajaya, Dewa Gede and Wirata, Gede (2021) Peranan E- Government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Desa Sanding Kecamatan Tampaksiring. Widyanata, 18 (1). pp. 1-11.
Text
Peranan E- Government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Desa Sanding Kecamatan Tampaksiring.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemanfaatan E-Government merupakan salah satu pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) yang merupakan proses dan aplikasi yang berbasis komputer, mengelola informasi kantor desa, mendukung fungsi dan tugas kantor desa termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan asset, pengelolaan anggaran, layanan publik. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, berdasarkan teori E-Government dari Rianto dan Lestari (2012:43) yang terdiri dari hardware, software, hurman resources, data dan informasi, struktur organisasi, komunikasi serta sikap pelaksana. Serta didukung dengan teori Pelayanan Publik dari Pasolong (2013:132) yang terdiri dari kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan, keterbukaan, efisien, ekonomis dan keadilan yang merata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peranan E-Government dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat Desa Sanding yaitu pelayanan publik yang diberikan menunjukkan bahwa prosedur pelayanan publik disusun secara sederhana dan menunjukkan keterbukaan baik dalam hal prasyarat, rincian tarif ataupun waktu penyelesaian administrasi. Adanya pelayanan yang sama untuk semua masyarakat tanpa membedakan gender, status ataupun golongan dari masyarakat tersebut. Struktur organisasi telah jelas namun masih terdapat pelimpahan tugas yang disebabkan karena pegawai tidak mampu menyelesaikan beban pekerjaannya sesuai dengan tupoksinya. Pelaksana e-government telah berusaha menyeimbangkan kemampuan perangkat desa dengan pemberian pelatihan dan pembinaan secara berkala. 2) Kendala dalam penerapan E-Government di Desa Sanding Kecamatan Tampaksiring adalah adanya keterbatasan koneksi atau jaringan internet yang menyebabkan kesulitan dalam mengakses website atau kesulitan untuk online, kurangnya sosialisasi sehingga menyebabkan kurangnya informasi yang diterima masyarakat mengenai informasi kependudukan serta rendahnya kualitas sumber daya manusia yang ditunjukkan dengan ketidakmampuan perangkat desa untuk menyeimbangkan kemampuan dengan perkembangan teknologi informasi dalam hal mengoperasian komputer. Kata Kunci : E-Government dan Pelayanan Publik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Prodi Administrasi Publik |
Depositing User: | ms vionita pertiwi |
Date Deposited: | 03 May 2022 13:09 |
Last Modified: | 03 May 2022 13:09 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/669 |
Actions (login required)
View Item |