IDENTIFIKASI KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DENPASAR – BEDUGUL (KM 27+00 SAMPAI DENGAN KM 51+00)

MASSUDAYA, I MADE (2019) IDENTIFIKASI KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DENPASAR – BEDUGUL (KM 27+00 SAMPAI DENGAN KM 51+00). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Ngurah Rai.

[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (24kB)
[img] Text
COver.pdf - Accepted Version

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (99kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (12kB)

Abstract

Jalan raya Denpasar - Bedugul merupakan jalan yang berfungsi melayani angkutan utama dengan ciri perjalanan jarak jauh dengan arus volume lalu lintas yang tinggi di Kabupaten Tabanan. Disamping menjadi jalan menuju ke objek wisata Bedugul, juga salah satu jalan menuju kota Singaraja. Peristiwa kecelakaan yang cenderung meningkat terjadi karena berbagai faktor penyebab seperti pelanggaran atau tidak hati-hati para pengguna (pengemudi dan pejalan kaki), kondisi jalan, kondisi kendaraan, cuaca dan pandangan yang terhalang. Jumlah kecelakaan meningkat seiring bertambahnya jumlah kendaraan penanganan yang cepat dan tepat merupakan salah satu cara menghindari resiko meninggal dunia pada kecelakaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor utama penyebab kecelakaan dan upaya yang dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan di Jalan Denpasar – Bedugul. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang didapat secara langsung dari lapangan melalui kegiatan survei. Sedangkan data sekunder merupakan data yang diambil dari data yang telah ada dan telah disurvei sebelumnya yang bisa didapatkan dari Polres Baturiti – Tabanan. Dari data dan hasil analisis diketahui data geometrik jalan yang meliputi tipe jalan 2 lajur 2 arah dan lebar jalan 7,4 m. Dari data yang diperoleh dari bulan Januari 2014 sampai dengan Bulan Desember 2018 pada ruas Jalan Denpasar – Bedugul yang memiliki panjang 24 km sebanyak 79 kejadian. Faktor utama penyebab kecelakaan yang terjadi adalah 100% oleh pengemudi baik disebabkan karena lengah, mengantuk, tidak terampil, lelah, mabuk, kecepatan tinggi dan tidak menjaga jarak. Kata Kunci : Kecelakaan Lalu Lintas, Black Spot, Black Area.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan Lalu Lintas, Black Spot, Black Area.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Prodi Teknik Sipil
Depositing User: admin FST
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:20
Last Modified: 16 Dec 2019 04:20
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item View Item