ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA SMA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA GIANYAR

I Gusti Agung, Eka Permana Dewi ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA SMA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA GIANYAR. ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA SMA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA GIANYAR.

[img] Text
I GUSTI AGUNG EKA PERMANA DEWI.pdf - Accepted Version

Download (191kB)

Abstract

Pelayanan pada dasarnya merupakan suatu tindakan dan perlakuan atau cara melayani orang lain untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginannya. Pelayanan dalam pendidikan sangat penting, karena baik buruknya pelayanan yang diterima oleh anak didiknya akan mempengaruhi persepsi atau tindakan masyarakat untuk menggunakan atau memanfaatkan jasa lembaga pendidikan itu sendiri. Tingkat kepuasan anak didik atau siswa atas suatu pelayanan dapat diukur dengan membandingkan antara harapan anak didik atau siswa terhadap kualitas pelayanan yang diinginkan, dengan kenyataan yang diterimanya. Kualitas pelayanan memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan anak didik atau siswa. Tujuan penelitian untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa SMA pada Bimbingan Belajar Primagama Gianyar, maka dengan sampel 67 responden, dilakukan penelitian mengunakan kuesioner. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dengan menggunakan kuesioner, dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Dari perhitungan indeks kepuasan dengan menggunakan rumus analisis skor kualitas jasa sebesar 21.996 dimana point terletak antara -160.000 sampai dengan 160.000 yang artinya siswa merasa kurang puas hal ini berarti siswa Bimbingan Belajar Primagama Gianyar, merasa kurang puas dengan pelayanan yang telah diberikan. Dengan teknik analisis tingkat kepentingan dengan tingkat kinerja atau pelaksanaan (Importance Performance Analysis) dari 67 responden yang diteliti, maka dapat dinyatakan bahwa faktor – faktor atau atribut – atribut yang belum dapat memuaskan siswa sehingga perlu mendapat prioritas dari perusahaan yaitu Atribut No.1 : Pelayanan dengan komputerisasi yang canggih. Atribut No.3 : Bimbingan belajar Primagama mempunyai tempat parkir yang luas dan aman. Atribut No.5 : Guru Bimbingan belajar Primagama berpakaian dan berpenampilan rapi. Atribut No.7 : Mampu di dalam menentukan siswa. Atribut No. 8 : Guru Bimbingan belajar Primagama mampu menyelesaikan persoalan singkat dan simpatik. Atribut No. 9 : Bimbingan belajar Primagama mampu bersaing malalui sistem pembelajaran yang kompetitif. Atribut No. 13 : Dapat memberikan kemudahan memenuhi kebutruhan siswa. Atribut No. 15 : Guu Bimbingan belajar Primagama mampu melayani dan menyelesaikan transaksi dengan cepat. Atribut No.16 : Guru Bimbingan belajar Primagama mempunyai pengetahuan yang memadai dalam menjawab pertanyaan siswa. Atribut No.18 Guru Guru Bimbingan belajar Primagama mampu mendengarkan keluhan siswa dan 2 menyampaikan ke manajemen. Atribut No. 25 : Komunikasi yang cepat tanggap yang harus dimiliki guru Bimbingan belajar Primagama

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Wayan Meriawan
Date Deposited: 20 Jun 2020 14:08
Last Modified: 20 Jun 2020 14:08
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item