ANALISIS PROSPEK PENJUALAN KERAJINAN PERAK PADA PT. KAWAN BAIK DENPASAR

Anak Agung Gede, Mayuna Putra ANALISIS PROSPEK PENJUALAN KERAJINAN PERAK PADA PT. KAWAN BAIK DENPASAR. ANALISIS PROSPEK PENJUALAN KERAJINAN PERAK PADA PT. KAWAN BAIK DENPASAR.

[img] Text
ANAK AGUNG GEDE MAYUNA PUTRA.pdf - Accepted Version

Download (258kB)

Abstract

Dalam era globalisasi setiap perusahan dalam rangka memasarkan produknnya sangat dituntut untuk mengerti dan memahami kebutuhan pasar, serta berusaha beradaptasi dengan keinginan pasar. Hal tersebut disebabkan karena pasar sebagai tujuan akhir produk tertentu, disamping persaingan yang tajam ditambah oleh pola prilaku konsumen yang beragam dan semakin lama semakin beraneka ragam. Tujuan kegiatan operasional suatu perusahaan adalah mencari laba. Dimana hal ini seringkali dijadikan tolak ukur dalam pencapaian sebuah keberhasilan kegiatan perusahaan. Persaingan merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindarkan dalam setiap usaha. Setiap perusahaan dengan segala cara berusaha untuk memenangkan persaingan. Semakin ketatnya persaingan yang ada maka semakin disadari perlunya strategi yang berorientasi pada persaingannya. Ramalan penjualan membantu untuk mempertimbangkan pesanan yang akan diterima sehingga perusahaan akan dapat memperkirakan penggunaan mesin – mesin, bahan baku dan peralatan lainnya agar dapat mendekati optimum pada masa yang akan datang. Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka dapat ditarik suatu rumusan masalah sebagai berikut: “Apakah Penjualan Kerajinan Perak pada Perusahaan PT. Kawan Baik Mempunyai Prospek Yang Positif Pada Tahun – Tahun Yang Akan Datang”. Tujuan penelitiannya Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui prospek penjualan Kerajinan Perak pada Perusahaan PT. Kawan Baik pada tahun yang akan datang. Pengolahan data sekunder menggunakan Analisa Trend Linier dengan pendekatan Least Squere, Analisa Standar Error. Adapun hasil analisisnya adalah bahwa Berdasarkan hasil analisa data tentang Prospek Volume Penjualan Penjualan Perak pada Perusahaan PT. Kawan Baik, maka diperoleh nilai dari a sebesar Rp.449.600.000,00 yang artinya bahwa volume penjualan minimum Perak pada Perusahaan PT. Kawan Baik adalah sebesar Rp. 449.600.000,00. Sedangkan nilai b yang merupakan koefien trend diperoleh nilai sebesar RP. 39.700.000,00 yang artinya bahwa rata – rata peningkatan dari volume penjualan Perak pada Perusahaan PT. Kawan Baik setiap tahunnya adalah sebesar RP. 39.700.000,00. Selanjutnya dari persamaan Garis Trend tersebut diperoleh hasil ramalan / prospek volume penjualan Perak pada Perusahaan PT Kawan Bai Casting adalah sebesar Rp. 568,700,000,00 pada tahun 2013; Rp. 608,400,000.00 pada tahun 2014; Rp 648,100,000.00 pada taun 2015. Demikian pula dengan hasil ramalan volume penjualan Perak pada Perusahaan PT. Kawan Baik memiliki tingkat penyimpangan sebesar 8.072.824,78. Dengan tingkat penyimpangan sebesar 8.072.824,78. Dari hasil interprestasi data diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ramalan penjualan Perak pada Perusahaan PT. Kawan Baik memiliki prospek yang positif pada tahun – tahun yang akan datang

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prospek Penjualan, Ramalan Penjualan, Trend Linier, Last Squere
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Wayan Meriawan
Date Deposited: 19 Jun 2020 05:03
Last Modified: 19 Jun 2020 05:03
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item View Item