Nyoman, Mudita PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WANGAYA KOTA DENPASAR. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WANGAYA KOTA DENPASAR.
Text
Nyoman Mudita.pdf - Accepted Version Download (114kB) |
Abstract
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wangaya sebagai tempat penelitian merupakan salah satu rumah sakit milik pemerintah di Kota Denpasar yang sedang berbaur dan bersaing dengan usaha sejenis dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya di Denpasar dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kepuasan pasien serta memahami kebutuhan pasien dan memperhatikan keluhan pasien. Manajemen harus mengetahui hal-hal apa saja yang dianggap penting oleh pasien sehingga dituntut untuk selalu menghasilkan kinerja (performance) khususnya kualitas pelayanan jasa sehingga dapat memuaskan pasien. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana kepuasan pasien rawat Jalan terhadap kualitas pelayanan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan pasien rawat Jalan terhadap kualitas pelayanan.Jumlah sampel dalam penelitian ditentukan dengan rumus Slovin sebanyak 99 orang responden. Teknik pengumpulan data adalah observasi, kuisioner, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana Y = a + bx. Berdasarkan nilai pada tabel 5.4, maka dapat dibuat persamaan regresi linier Y = 36,185+ 0,541X. Berdasarkan hasil persamaan ini, dapat dijelaskan pola pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Denpasar (Y) sebagai berikut : Nilai a = 36,185 artinya apabila tidak ada kualitas pelayanan, maka kepuasan pasien rawat jalan sebesar rata-rata 5,389. Sedangkan nilai b = 0,541, artinya apabila variable kualitas pelayanan ditingkatkan satu satuan maka diikuti oleh meningkatnya kepuasan pasien rawat jalan sebesar rata-rata 0,319. Persamaan regresi ini menunjukkan ada pengaruh yang positif antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Kota Denpasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 04:23 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 04:23 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/387 |
Actions (login required)
View Item |