Ni Wayan, Sartika PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GO-JEK (STUDI KASUS PADA SISWA SMA KRISTEN HARAPAN DENPASAR). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GO-JEK (STUDI KASUS PADA SISWA SMA KRISTEN HARAPAN DENPASAR).
Text
Ni Wayan Sartika .pdf - Accepted Version Download (190kB) |
Abstract
Faktor penting dalam meningkatkan kepuasan konsumen adalah kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan adalah totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan. Selain kualitas pelayanan, harga juga merupakan salah satu faktor dalam upaya meningkatkan kepuasan konsumen. Harga dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk atau jasa karena berbagai alasan. Berdasarkan uraian diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen Go-jek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen Go-jek. Variabel dalam penelitian adalah Kualitas Pelayanan (X1), Harga (X2), dan Kepuasan Konsumen (Y). Penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Metode penelitian pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 90 orang dari jumlah populasi sebanyak 886 orang siswa yang pernah menggunakan jasa transportasi online Go-jek. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan program Statistical Package for The Social Science (SPSS) versi 20.0 for Windows. Hasil penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, uji t dan uji F. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara variabel kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) Go-jek (Studi Kasus Pada Siswa SMA Kristen Harapan Denpasar). Hal tersebut ditunjukkan oleh t1hitung > ttabel (3,658 > 1,662) dan t2hitung > ttabel (3,326 > 1,662). Kemudian Ada pengaruh secara simultan antara variabel kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y). Hal tersebut ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel (38,598 > 3,101), sehingga hipotesis yang diajukan terbukti, yang menyatakan bahwa kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh Signifikan terhadap kepuasan konsumen Go-jek (Studi Kasus Pada Siswa SMA Kristen Harapan Denpasar). Hasil penelitian analisis koefisien determinasi (R2 ) adalah terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan harga sebesar 0,470 atau 47% terhadap kepuasan konsumen sisanya 53% dipengaruhi oleh
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 03:55 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 03:55 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/385 |
Actions (login required)
View Item |