Ni Made, Santika Dewi ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN KLUNGKUNG DI SEMARAPURA,KLUNGKUNG. ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN KLUNGKUNG DI SEMARAPURA,KLUNGKUNG.
Text
NI MADE SANTIKA DEWI.pdf - Accepted Version Download (168kB) |
Abstract
Kualitas pelayanan yang dapat memuaskan konsumen akan memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan. Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Klungkung di Semarapura, merupakan rumah sakit milik pemerintah yang mempunyai tugas pokok melaksanakan upaya dalam bidang kesehatan, upaya penyembuhan dan pemulihan yang dilaksanakan secara serasi, terpadu, dengan upaya pencegahan dan rujukan. Terjadi penurunan jumlah pasien rawat jalan dalam dua tahun terakhir, sehingga hal utama yang harus diprioritaskan adalah kepuasan pasien. Ditemukan keluhan pasien rawat jalan pada dimensi kualitas pelayanan yang menjadi penentu kepuasan konsumen : bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penilaian kualitas pelayanan yang diukur dari tingkat kepuasan pasien rawat jalan, untuk mengetahui faktor-faktor kualitas pelayanan yang dianggap penting dan dapat memuaskan pasien rawat jalan, dan untuk mengetahui faktor kualitas pelayanan yang perlu mendapat prioritas utama untuk dilakukan perbaikan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Klungkung di Semarapura, Klungkung. Hasil penelitian diperoleh : rata-rata indeks kepuasan pasien rawat jalan dari 100 orang responden adalah 277,15, dimana skor terletak diantara -1.600 sampai dengan 1.600 yang artinya tingkat kepuasan pasien rawat jalan adalah cukup puas terhadap kualitas pelayanan. Berdasarkan analisis tingkat kepentingan kinerja (importance-performance analysis) dan diagram kartesius, maka dapat dinyatakan bahwa faktor-faktor yang dianggap penting dan sudah memuaskan pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Klungkung di Semarapura, Klungkung, yaitu : peralatan medis dengan teknologi terbaru, instalasi medis yang lengkap, kemampuan petugas yang handal dalam menjalankan tugas, petugas bekerja sesuai dengan wewenang dan kemampuannya, kecepatan dokter dalam melayani pasien, dan pelayanan dokter tanpa memandang status pasien. Faktor perhatian yang tulus dalam membantu pasien dengan tingkat kesesuaian 92,04 adalah faktor pelayanan yang perlu mendapat prioritas utama untuk dilakukan perbaikan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Klungkung di Semarapura, Klungkung.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien Rawat Jalan. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 05 Jul 2020 04:16 |
Last Modified: | 05 Jul 2020 04:16 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/375 |
Actions (login required)
View Item |