Ni Made, Reni ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANGLI. ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANGLI.
Text
Ni Made Reni.pdf - Accepted Version Download (279kB) |
Abstract
satu rumah sakit pemerintah di kabupaten Bangli yang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Rumah Sakit Umum Daerah Bangli dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan, memberikan kepuasan bagi pasien dan mengetahui kebutuhan dan memperhatiakn keluhan pasien. Manajemen harus mengetahui hal-hal apa saja yang dianggap penting oleh pasien sehingga dituntut untuk selalu menghasilkan kinerja (performance) khususnya kualitas pelayanan jasa sehingga dapat memuaskan pasien. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimanakah tingkat kepusan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangli, faktor-faktor pelayanan jasa manakah yang perlu mendapat prioritas utama untuk dilakukan perbaikan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien?. Tujuan dari penelitian ini adalah :untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangli, untuk mengetahui faktor-faktor pelayanan mana saja yang perlu mendapat prioritas utama untuk dilakukan perbaikan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangli. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus Slovin.Teknik pengumpulan data adalah observasi, kuisioner, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang dipergunakan adalah analisis indeks kepuasan pasien dan diagram kartesius. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwarata – rata indeks kepuasan responden adalah 487.56 dimana skor terletak diantara – 1764 sampai dengan 1764 yang artinya bahwa tingkat kepuasan responden adalah cukup puas terhadap kualitas pelayana di Rumah Sakit Umum Daerah Bangli. Faktor – faktor yang perlu mendapatkan prioritas utama untuk dilakukan perbaikan adalah : peralatan medis dengan teknologi terbaru, pelayanan yang cepat terhadap pasien, rasa aman dari kehilangan dan pencurian pada saat pengobatan dan konsultasi biaya dan penjelasannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 05 Jul 2020 04:14 |
Last Modified: | 05 Jul 2020 04:14 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/374 |
Actions (login required)
View Item |