PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN MANCANEGARA MENGINAP PADA TEJAPRANA RESORT & SPA UBUD

Ni Luh Putu, Eka Suniartini PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN MANCANEGARA MENGINAP PADA TEJAPRANA RESORT & SPA UBUD. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN MANCANEGARA MENGINAP PADA TEJAPRANA RESORT & SPA UBUD.

[img] Text
Ni Luh Putu Eka Suniarti.pdf - Accepted Version

Download (120kB)

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh dari pihak manajemen Tejaprana Resort & Spa, target penjualan jasa resort dan spa mencapai target penjualan. Hal ini mengindikasikan terjadinya kepuasan pengunjung terlihat dari target realisasi penjualan jasa resort dan spa dalam lima (5) tahun terakhir yang terus mengalami fluktuasi. Kondisi naik turunnya target realisasi penju alan Tejaprana Resort & Spa menjadi permasalahan yang harus diperhatikan oleh pihak hotel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, produk, harga, lokasi dan promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan wisatawan mancanegara menginap pada resort & spa Tejaprana, Ubud dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan produk , harga, lokasi dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan wisatawan mancanegara menginap pada resort & spa Tejaprana, Ubud. Metode penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan mempergunakan alat analisis statistik untuk menganalisis data yang bersifat bilangan atau disebut data kuantitatif. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda (multiple regression). Berdasarkan hasil olah data dalam penelitian ini, pada tabel t-table, untuk pengukuran sejumlah 92 sampel, maka didapatkan nilai t-tabel sebesar 1.663. Maka dengan t hitung sebesar 3.811 untuk X1_Kualitas Pelayanan, 3.273 untuk X2_Produk, 2.109 untuk X3_Harga, 3.004 untuk X4_Lokasi dan 1.883 untuk X5_Promosi, yang artinya t-(hitung) > t1-(3.811 > 1.663), t2-(3.273 > 1.663), t3- (2.109 > 1.663) , t4-(3.004 > 1.663) dan t5-(1.883 > 1.663) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat penolakan H0 dan penerimaan H1. Dapat dijelaskan bahwa kualitas pelayanan, produk, harga, lokasi dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan mancanegara menginap pada resort & spa Tejaprana, Ubud. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh kualitas pelayanan, produk, harga, lokasi dan promosi secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan wisatawan mancanegara menginap pada resort & spa Tejaprana, Ubud. Hal tersebut berdasarkan hasil uji t menggunakan SPSS dengan penerimaan hipotesa pertama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hotel, Bauran Pemasaran, Wisatawan Mancanegara, Ubud
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Wayan Meriawan
Date Deposited: 05 Jul 2020 03:52
Last Modified: 05 Jul 2020 03:52
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item View Item