Ni Luh, Eka Santi Widyantari ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PARIWISATA KERTAYASA SINGAKERTA UBUD. ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PARIWISATA KERTAYASA SINGAKERTA UBUD.
Text
NI LUH EKA SATI WIDYANTARI.pdf - Accepted Version Download (197kB) |
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan. Mutu pendidikan perlu diperhatikan untuk mencapai tujuan pendidikan, sedangkan mutu sendiri dapat dilihat dari keberhasilan yang diraih seseorang siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Semakin banyak sekolah, maka akan semakin banyak pula pilihan siswa untuk dapat memilih sekolah yang sesuai dengan harapannya.Sekolah harus mampu mengenal apa yang menjadi kebutuhan dan harapan masyarakat. Ini dipakai perbandingan untuk memilih sekolah. Hal yang sama terjadi pada sekolah kejuruan. Kualitas sekolah kejuruan sangat ditentukan oleh mutu pelayanan yang diberikan, dimana pelayanan yang bermutu dapat diidentifikasi melalui kepuasan pelanggan. Penelitian ini berjudul “analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa pada Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata Kertayasa”. Berdasarkan latar belakang tersebut didapat rumusan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana tingkat kepuasan siswa terhadap kualitas pelayanan pada SMK Pariwisata Kertayasa Ubud, 2. Faktor-faktor pelayanan jasa manakah yang perlu mendapat prioritas utama untuk dilakukan perbaikan sehingga dapat meningkatkan kepuasan siswa pada SMK Pariwisata Kertayasa Ubud.Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap kualitas pelayanan pada SMK Pariwisata Kertayasa Ubud dan mengetahui faktorfaktor jasa yang perlu mendapat prioritas utama untuk dilakukan perbaikan. Data yang diperoleh dari hasil penelitian yang berupa data kuisioner, dianalisis dengan menggunakan analisis indeks kepuasan konsumen dan analisis tingkat kepentingan kinerja ( Importance Performance-Analysis ) . Di dalam penelitian menggambil 82 responden. Dari pengukuran indeks kepuasan dapat ditarik kesimpulan tingkat kepuasan responden adalah cukup puas terhadap kualitas pelayanan jasa pada SMK Pariwisata Kertayasa Ubud. Berdasarkan diagram kartesius yang perlu mendapat prioritas utama dari sekolah untuk dilakukan perbaikan adalah faktor pelayanan yang handal dari guru, pelayanan yang handal dari karyawan, ketepatan waktu mengajar, kecepatan guru dalam menanggapi masalah siswa, perhatian guru terhadap kebutuhan siswa dan keramahan karyawan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan; Tingkat Kepuasan Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 05 Jul 2020 03:45 |
Last Modified: | 05 Jul 2020 03:45 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/364 |
Actions (login required)
View Item |