PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET DATA INTERNET XL (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 1 GIANYAR)

Ida Ayu Made, Sentiari PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET DATA INTERNET XL (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 1 GIANYAR). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET DATA INTERNET XL (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 1 GIANYAR).

[img] Text
Ida Ayu Made Santiari.pdf - Accepted Version

Download (165kB)

Abstract

Dengan semakin pesatnya perkembangan bisnis telekomunikasi yang menyediakan jasa layanan internet dari seluler atau mobile internet khususnya, sehingga perusahaan operator seluler harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum membeli suatu produk diantaranya harga, kualitas produk dan promosi. Perusahaan harus mengusahakan agar faktor-faktor harga, kualitas produk dan promosi dapat memberi pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sehingga dapat tercapainya tujuan perusahaan dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan promosi secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian paket data internet XL. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Gianyar dengan 78 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu Stratified Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, uji signifikansi parsial (t-test) dan uji signifikansi simultan (F-test), dimana dalam perhitungannya menggunakan bantuan program Statistical Package of Social Science (SPSS). Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y 2,221 + 0,250 X1 + 0,355 X2 + 0,274 X3. 2) Hasil uji determinasi diperoleh koefisien determinasi sebesar 77,7% sedangkan 22,3% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 3) Hasil uji t (uji parsial) terhadap variabel harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, yaitu sebesar 2,613, selanjutnya hasil uji t terhadap variabel kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, yaitu sebesar 3,917 sedangkan hasil uji t terhadap variabel promosi juga memiliki memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, yaitu sebesar 3,048. 4) Berdasarkan hasil uji F (uji simultan) menunjukkan bahwa harga, kualitas produk dan promosi secara simultan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dimana f- hitung 86,001 > ftabel 2,73 dengan signifikan 0,000.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk, Promosi dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Wayan Meriawan
Date Deposited: 04 Jul 2020 22:13
Last Modified: 04 Jul 2020 22:13
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item View Item