I Putu, Wahyu Prabawa ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK AIR MINERAL MEREK NONMIN PADA CV. TIRTA TAMANBALI BANGLI. ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK AIR MINERAL MEREK NONMIN PADA CV. TIRTA TAMANBALI BANGLI.
Text
I Putu Wahyu Prabawa.pdf - Accepted Version Download (146kB) |
Abstract
Menghadapi persaingan yang semakin ketat diperlukan suatu penetapan strategi yang tepat agar perusahaan tetap bertahan serta mampu untuk mengembangkan usahanya. Demikian juga dengan CV. Tirta Tamanbali Bangli, dalam usaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan supaya penjualan yang diharapkan tercapai dengan memanfaatkan lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah yang menjadi kekuatan dan kelemahan dari lingkungan internal yang dihadapi CV. Tirta Tamanbali? 2) Apakah yang menjadi peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal yang dihadapi CV. Tirta Tamanbali? 3)Bagaimanakah strategi pemasaran yang relavan untuk meningkatkan penjualan air mineral nonmin dari CV. Tirta Tamanbali?. Untuk memecahkan permasalahan diatas maka dilakukan metode pengumpuklan data dengan cara observasi, wawancara, penelitian kepustakaan, dan kueioner, untuk selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis SWOT disertai dengan Internal Factor Analysis Summary (IFAS) dan Eksternal Factor Analysis Summary (EFAS). Berdasarkan hasil analisis yaitu sebagai berikut: Menggunakan analisis SWOT dalam penelitian ini yaitu dengan cara mengidentifikasi lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan lingkungan eksternal (peluang dan tantangan). 1. Lingkungan internal perusahaan terdiri dari kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan yaitu: Kekuatan CV. Tirta Tamanbali Bangli yaitu: 1) Tenaga kerja yang dimiliki perusahaan sangat bagus, 2) hubungan antar sesama karyawan sangat harmonis, 3) kesesuaian harga produk dan mutu produk nonmin, 4) prasarana yang dimiliki perusahaan sangat memadai. Kelemahan CV. Tirta Tamanbali Bangli yaitu: 1) Sering terjadi persaingan yang kurang baik antar sesama karyawan, 2) sedikitnya variasi model produk nonmin, 4) pekerjaan tidak sesuai dengan job description, 5) peralatan yang digunakan dalam proses produksi kurang lengkap. 2. Lingkungan eksternal perusahaan terdiri dari peluang dan ancaman yang dihadapi CV. Tirta Tamanbali Bangli: Peluang CV. Tirta Tamanbali Bangli yaitu: 1) Kemajuan teknologi yang ada saat ini sangat mendukung proses produksi, 2) baiknya respon masyarakat sekitar dengan keberadaan perusahaan, 3) baiknya respon konsumen dengan manfaat air mineral nonmin, 4) pengaruh dunia politik yang kurang baik tidak mempengaruhi perkembangan perusahaan. Ancaman CV. Tirta Tamanbali Bangli yaitu: 1) Banyaknya merek air mineral dalam kemasan yang beredar dipasaran, 2) baiknya strategi yang dimiliki pesaing dalam menguasai pasar sasaran, 3) kenaikan harga bahan penolong dapat mempengaruhi harga jual produk nonmin. 3. Stategi pemasaran yang dapat direncanakan atau disusun untuk meningkatkan penjualan produk air mineral nonmin pada CV. Tirta Tamanbali bangli berdasarkan analisis SWOT serta dipadukan dengan EFAS dan IFAS yaitu sebagai berikut : 1) meningkatkan pangsa pasar yaitu dengan memproduksi produk yang lebih bervariasi yang dapat menarik minat konsumen sehingga pesaing tidak dapat menguasai pasar sasaran. 2) mengembangkan kualitas sumber daya manusia yaitu perusahaan harus lebih konsisten dalam memberikan job description pada karyawan agar tidak ada persaingan antar sesama karyawan, sehingga proses produksi dapat berjalan secara efisien. 3) penetapan harga yaitu perusahaan sebaiknya tidak menaikan harga yang sudah ditetapkan serta lebih meningkatkan kualitas produk air mineral nonmin sehingga penjualan dapat melebihi penjualan produk air mineral perusahaan pesaing. 4) sistem distribusi yaitu CV. Tirta Tamanbali sebaiknya memanfaatkan prasarana yang dimiliki untuk memperluas distribusi sehingga perusahaan dapat menguasai lebih banyak pasar sasaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Internal, Lingkungan Eksternal, dan Strategi Pemasaran. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 04 Jul 2020 15:04 |
Last Modified: | 04 Jul 2020 15:04 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/340 |
Actions (login required)
View Item |