I Putu, Gunawan PENGARUH ASOSIASI MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO (STUDI KASUS PADA CV BISMA MANDIRI DI DENPASAR). PENGARUH ASOSIASI MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO (STUDI KASUS PADA CV BISMA MANDIRI DI DENPASAR).
Text
I Putu Gunawan.pdf - Accepted Version Download (149kB) |
Abstract
Menciptakan merek (brand) yang kuat dapat dilakukan melalui asosiasi merek dan persepsi kualitas merek. Elemen-elemen yang ada dalam asosiasi merek dan persepsi kualitas merek akan membantu konsumen dalam mengingat informasi tentang suatu produk atau jasa, serta dapat mempertinggi keyakinan konsumen untuk membuat keputusan pembelian terhadap suatu merek produk. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimanakah pengaruh asosiasi merek dan persepsi kualitas merek secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada CV Bisma Mandiri di Denpasar? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh asosiasi merek dan persepsi kualitas merek secara simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio pada CV Bisma Mandiri di Denpasar. Metode pengambilan sampel penelitian menggunakan proportionate random sampling sebanyak 78 orang. Responden ditentukan dengan cara accidental sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, analisis determinasi, t-test dan F-test dengan bantuan komputer program SPSS version 18.0 for Windows. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda : Y = 4,325 + 0,469X1 + 0,329X2, menunjukkan ada pengaruh yang positif antara asosiasi merek dan persepsi kualitas merek secara simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio. Koefisien determinasi (D = 58,00%), berarti bahwa besarnya kontribusi/sumbangan asosiasi merek dan persepsi kualitas merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio adalah sebesar 58% (persen). Hasil t-test diperoleh nilai t1-hitung sebesar 5,560 dan t2-hitung sebesar 4,138 lebih besar daripada nilai ttabel = 1,665. Hal ini berarti sesuai dengan hipotesis yang dibuat yang menyatakan bahwa asosiasi merek dan persepsi kualitas merek berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio. Hasil F-test diperoleh Fhitung sebesar 51,714 lebih besar daripada Ftabel = 3,12, maka Ho ditolak atau Hi diterima. Hal ini berarti bahwa asosiasi merek dan persepsi kualitas merek secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Merek dan Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 04 Jul 2020 15:01 |
Last Modified: | 04 Jul 2020 15:01 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/339 |
Actions (login required)
View Item |