I Gede, Muliartana PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA PT. ASAPARIS HASANUDIN DENPASAR. PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA PT. ASAPARIS HASANUDIN DENPASAR.
Text
I Gede Muliartana .pdf - Accepted Version Download (209kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengaruh promosi dan kualitas pelayanan secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda pada PT Asaparis Hasanudin Denpasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan sepeda motor honda pada PT Asaparis Hasanudin Denpasar terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan serta untuk mengetahui variabel promosi dan kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT Asaparis Hasanudin Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 92 responden. PT Asaparis melakukan proses jual unit sepeda motor honda masih secara konvesional yakni segala sesuatunya dilakukan secara manual dan kini segala proses jual beli sudah didukung dengan teknologi yang memadai. Keputusan pembelian merupakan suatu penilaian mengenai produk dan jasa yang diharapkan terhadap seberapa baik kualitas pelayanan yang didapatkan. Kualitas pelayanan berawal dari pemenuhan kebutuhan konsumen dan berakhir pada kepuasan konsumen. Sehingga diharapkan kualitas pelayanan yang didapatkan konsumen dalam pembelian sepeda motor honda mampu melampaui apa yang menjadi harapan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y=2,249 + 0,209X1 + 0,475X2. Dengan hasil uji determinasi R² x 100% atau 0,746² x 100% = 55,6% yang dipengaruhi oleh variabel promosi dan kualitas pelayanan sedangkan 44,4% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasiluji t terhadap variabel promosi (X1) diketahui bahwa thitung adalah 3,887 sedangkan t-tabel adalah 1,661, hal ini berarti promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t terhadap vaiabel kualitas pelayanan (X2) diketahui bahwa t-hitung adalah 5,280 sedangkan t-tabel adalah 1,661, hal ini berarti kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya dari hasil uji F diketahui F-hitung adalah 55,760 lebih besar dari F-tabel sebesar 2,36, hal ini berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara promosi dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda pada PT Asaparis Hasanudin Denpasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | :Promosi, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 04 Jul 2020 12:47 |
Last Modified: | 04 Jul 2020 12:47 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/323 |
Actions (login required)
View Item |