PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM CEMPAKA DANATAMA MANDIRI DI GIANYAR

Gusti Ayu, Desi Suartikayanti PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM CEMPAKA DANATAMA MANDIRI DI GIANYAR. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM CEMPAKA DANATAMA MANDIRI DI GIANYAR.

[img] Text
Gusti Ayu Desi Suartikayanti.pdf - Accepted Version

Download (156kB)

Abstract

Koperasi merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, yaitu dalam bidang keuangan. Bagi perusahaan yang bergerak pada bidang jasa kepuasan nasabah merupakan hal yang sangat penting sehingga faktor pelayanan mendapat prioritas utama. Oleh karena itu Koperasi Cempaka Danatama Mandiri di Gianyar, dituntut untuk memberikan kepuasan nasbah melalui kualitas pelayanan yang sesuai dengan jasa yang ditawarkan, guna mempertahankan nasabah dan menambah nasabah baru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Koperasi Simpan Pinjam Cempaka Danatama Mandiri Di Gianyar. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan yang terdiri dari lima indicator yaitu tangible (bukti fisik), emphathy (empati), responsiveness (daya tanggap), reliability (keandalan), dan assurance (jaminan) berpengaruh pada kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Danatama Mandiri Di Gianyar. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 91 orang yang merupakan nasabah yang masih aktif dari Koperasi Simpan Pinjam Cempaka Danatama Mandiri Di Gianyar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, metode dokumentasi dan kuisioner. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana, untuk menguji hipotesis digunakan uji t-test berdasarkan hasil analisi regresi linier sederhana dapat diketahui bahwa pengaruh kualitas pelayanan (X)terhadap kepuasan nasabah Y koperasi Simpan Pinjam Danatama Mandiri adalah positif dan signifikan, untuk menguji signifikan atau tidak, diuji dengan analisa t-test yang memperoleh hasil t-hitung = 18,023 dan t-tabel =1,662 yang berarti t-hitung > t-tabel. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh secara parsial dari kualitas pelayanan(X) terhadap kepuasan nasabah Y pada koperasi Simpan Pinjam Danatama Mandiri adalah positif dan signifikan. Sedangkan nilai determinasi menujukan sebesar 0,785atau 78,5%. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat Dalam memberikan pelayanan baik kepada nasabah hendaknya koperasi Simpan Pinjam Danatama Mandiri Di Gianyar memperhatikan faktor-faktor kualitas pelayanan seperti bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati sehingga dapat memberikan pelayanan yang berkualitas agar tercapainya kepuasan yang dirasakan oleh para nasabah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan,Kepuasan Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Wayan Meriawan
Date Deposited: 04 Jul 2020 12:34
Last Modified: 04 Jul 2020 12:34
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item View Item