PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PT. MITRA PINASTHIKA MUSTIKA FINANCE CABANG GIANYAR

Dewa Ayu, Novia Dewi PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PT. MITRA PINASTHIKA MUSTIKA FINANCE CABANG GIANYAR. PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PT. MITRA PINASTHIKA MUSTIKA FINANCE CABANG GIANYAR.

[img] Text
Dewa Ayu Novia Dewi.pdf - Accepted Version

Download (247kB)

Abstract

Kunci keberhasilan untuk mempertahankan konsumen bergantung pada mempertahankan hubungan jangka panjang dengan para pemangku kepentingan, hubungan pemasaran (relationship marketing) dan kualitas pelayanan yang mengacu pada semua kegiatan pemasaran yang diarahkan menuju pembentukan, mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang sukses terhadap konsumen agar terciptanya konsumen yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing dan kualitas pelayanan secara parsial terhadap loyalitas konsumen.Untuk mengetahui pengaruh relationship marketing dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap loyalitas konsumen. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 orang menggunakan proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan relationship marketing dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen PT Mitra Pinasthika Mustika Finance Cabang Gianyar, dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaanY= 2,584 + 0,469X1+0,415X2 .Besarnya determinasi (R2=0,811) ini berarti variasi pengaruh antara relationship marketing dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen sebesar 81,1%. Hasil analisis dengan uji F diketahui Nilai Fhitung= 191,388>Ftabel = 3,95, maka penolakan HO. Ini berarti bahwa pada taraf α = 5 % secara simultan relationship marketing(X1) dan kualitas pelayanan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan (nyata) terhadap loyalitas konsumen (Y). T-test antara relationship marketing dengan loyalitas konsumen nilai thitung = 4,789>nilai ttabel = 1,662, sehingga HO ditolak, ini berarti bahwa dalam keadaan kualitas pelayanan (X2) konstan, secara statistika pada taraf kepercayaan () = 5 %, maka relationship marketing(X1) berpengaruh positif yang signifikan/nyata terhadap loyalitas konsumen (Y).Uji t-test antara kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen nilai thitung = 4,717> nilai ttabel = 1,662, HO ditolak,ini berarti bahwa dalam keadaan relationship marketing (X1) konstan, secara statistika pada taraf kepercayaan () = 5 %, kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif yang signifikan/nyata terhadap loyalitas konsumen (Y). Disarankan kepada pihak manajemen yaitu dapat meningkatkan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan relationship marketing, kualitas pelayanan dan mengkaji faktor-faktor lain yang berkaitan dengan meningkatnya loyalitas konsumen.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Wayan Meriawan
Date Deposited: 04 Jul 2020 12:22
Last Modified: 04 Jul 2020 12:22
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item View Item