PENGARUH FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ANAHATA VILLAS AND SPA RESORT DI TAMPAKSIRIN

Anak Agung, Sri Plaza May Antari PENGARUH FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ANAHATA VILLAS AND SPA RESORT DI TAMPAKSIRIN. PENGARUH FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ANAHATA VILLAS AND SPA RESORT DI TAMPAKSIRING, GIANYAR.

[img] Text
Anak Agung Sri Plaza May Antari.pdf - Accepted Version

Download (172kB)

Abstract

Adanya pengaruh fasilitas dan harga untuk meningkatkan kepuasan konsumen telah dipahami oleh manajemen Anahata Villas and Spa Resort. Anahata Villas and Spa Resort, sebagai salah satu usaha akomodasi penginapan di Tampaksiring, Gianyar. Penelitian awal teridentifikasi beberapa keluhan wisatawan berkaitan dengan fasilitas dan harga dalam usaha meningkatkan kepuasan konsumen. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah pengaruh fasilitas dan harga secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen pada Anahata Villas and Spa Resort di Tampaksiring, Gianyar? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan antara fasilitas dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Anahata Villas and Spa Resort di Tampaksiring, Gianyar. Jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin sebanyak 96 orang wisatawan domestik. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, t-test dan F-test. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda adalah : Y = 3,929 + 0,386X1 + 0,255X2, menjelaskan bahwa ada pengaruh yang positif secara simultan antara fasilitas dan harga terhadap kepuasan konsumen. Koefisien determinasi dengan R2 sebesar 0,659 menunjukkan bahwa perubahan fasilitas dan harga secara simultan berkontribusi sebesar 65,90% terhadap perubahan kepuasan konsumen, sedangkan sisanya 34,10% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji signifikansi parsial (t-test), diperoleh t1-hitung = 5,415 > t-tabel = 1,661 terletak pada daerah penolakan Ho dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 berarti fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. t2-hitung = 4,180 > t-tabel = 1,661 terletak pada daerah penolakan Ho dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 berarti harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji signifikansi simultan (F-test) diperoleh F-hitung = 90,022 > F-tabel = 3,09 terletak pada daerah penolakan Ho dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 berarti fasilitas dan harga berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, Harga, Kepuasan Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Wayan Meriawan
Date Deposited: 04 Jul 2020 12:05
Last Modified: 04 Jul 2020 12:05
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item