Yulius, Negam PENGARUH HARGA DAN BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK AZUS STUDI PADA (FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NGURAH RAI DENPASAR). PENGARUH HARGA DAN BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK AZUS STUDI PADA (FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NGURAH RAI DENPASAR).
Text
Yulius Negam.pdf - Accepted Version Download (234kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan termotivasi oleh kondisi kompetitif usaha industri laptop dari waktu ke waktu semakin ketat. Untuk mempertahankan dan mencapai pangsa pasar yang lebih tinggi ,luas dengan membuat strategi baru, menciptakan dan mendorong inovasi produk berdasarkan kebutuhan masyarakat saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, branding, secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk produk laptop merek Asus. Obyek penelitian ini konsumen laptop merek Asus pada Fakultas Ekonomi Universitas Ngurah Rai. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Untuk kebutuhan analisis pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 55 orang dengan metode random. Teknik analisa data menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linear berganda dengan program SPSS menunjukan persamaan regresi linear Y = 3,346+0,299X1+0,534X2. Tinggi rendahnya keputusan mahasiswa dalam membeli produk laptop merek Asus dipengaruhi secara parsial oleh harga. Hal ini dilihat dari nilai thitung = 2,731 dibandingkan dengan nilai ttabel = 1,6, ternyata nilai thitung lebih besar dari nilai t-tabel dan t-hitung berada pada daerah penolakan HO. HO ditolak ini berarti bahwa secara statistika pada taraf kepercayaan () = 5 %, harga (X1) berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa dalam membeli produk laptop merek Asus. Nilai thitung = 5,426 dibandingkan dengan nilai ttabel = 1,6 sehingga HO ditolak ini berarti branding (X2) berpengaruh positif yang signifikan atau nyata terhadap keputusan mahasiswa dalam membeli produk laptop merek Asus.Pengujian secara simultan diperoleh nilai Fhitung = 41,607 dibandingkan dengan nilai Ftabel = 2,7 ini berarti bahwa pada taraf α = 5 % secara simultan harga (X1) dan branding (X2), memiliki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam membeli produk laptop merek Asus. Koefisien determinasi sebesar 61,5%, berarti pengaruh bebas harga (X1) dan branding (X2) secara simultan terhadap variabel terikat keputusan mahasiswa dalam membeli produk laptop merek Asus (Y) adalah sebesar 61,5%. Saran yang diberikan yaitu memperkuat citra perusahaan dengan cara menjadikan perusahaan yang bernilai tinggi di mata pelanggan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keputusan Pembelian, Harga Dan Branding |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 01:14 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 01:14 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/306 |
Actions (login required)
View Item |