PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA PENYALUR TENAGA KERJA INDONESIA PADA PT. INTERISLAND BALI

Ni Kadek, Wetiasih PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA PENYALUR TENAGA KERJA INDONESIA PADA PT. INTERISLAND BALI. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA PENYALUR TENAGA KERJA INDONESIA PADA PT. INTERISLAND BALI.

[img] Text
Ni Kadek Wetiasih.pdf - Accepted Version

Download (153kB)

Abstract

Tenaga kerja luar negeri merupakan salah satu sumber penerimaan devisa. Menyadari pentingnya peranan tenaga kerja guna mendatangkan devisa negara maka banyak cara dilakukan agar dapat mempermudah penyaluran tenaga kerja ke luar negeri, salah satunya dengan mendirikan perusahaan jasa untuk memudahkan para pencari kerja dalam mencari informasi lowongan dan pelatihan menjadi tenaga kerja luar negeri\. PT. Interisland Bali dalam menghadapi persaingan berusaha meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan sehingga dapat meningkatkan keputusan pemakaian jasa. Dengan timbulnya komentar yang baik, maka pelanggan akan memberikan informasi tentang jasa yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen lain melalui word of mouth. Data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, uji regresi parsial (uji t) dan uji regresi serempak (uji F). Hasil analisis uji t, variabel kualitas pelayanan diperoleh t-hitung 3,692 dan variabel word of mouth diperoleh t-hitung 6,532 sedangkan t-tabel 1,667 terletak pada daerah penolakan H0. Ini berarti hipotesis yang diajukan terbukti dimana kualitas pelayanan dan word of mouth secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa penyalur tenaga kerja pada PT. Interisland Bali di Denpasar. Hasil analisis uji F menunjukkan nilai F-hitung 41,889 lebih besar dari nilai F-tabel 3,130 terletak pada daerah penolakan H0 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Ini berarti hipotesis yang diajukan terbukti dimana kualitas pelayanan dan word of mouth secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa penyalur tenaga kerja pada PT. Interisland Bali di Denpasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, Keputusan Pemakaian Jasa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Wayan Meriawan
Date Deposited: 01 Jul 2020 06:55
Last Modified: 01 Jul 2020 06:55
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item