I Wayan, Purnayasa ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SERVICE MOTOR PADA PT. ASTRA HONDA MOTOR DI GIANYAR. ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SERVICE MOTOR PADA PT. ASTRA HONDA MOTOR DI GIANYAR.
Text
I Wayan Purnayasa.pdf - Accepted Version Download (225kB) |
Abstract
Dewasa ini setiap perusahaan dituntut untuk lebih meningkatkan kemampuan kualitas pelayanannya dalam menghadapi persaingan yang ketat. Dengan kemampuan bersaing, suatu bisnis dapat memperoleh keunggulan bersaing (competitive advantage). Proses untuk memperoleh keunggulan ini merupakan perjuangan sulit yang harus dimenangkan oleh setiap pelaku bisnis di masing-masing sektor yang digeluti baik industri manufaktur maupun jasa, demi mencapai keuntungan. Konsekwensinya semua pelaku bisnis ditantang, dan diuji kemampuan mereka untuk merumuskan strategi bersaing yang nyata. Bersaing dan berhasil dalam lingkungan bisnis yang dinamis dan penuh tantangan berarti sumber-sumber daya yang dimiliki harus selalu inovatif dan siap untuk menanggapi setiap perubahan yang terjadi. Penelitian ini berjudul Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Service Motor Pada PT. Astra Honda Motor Gianyar. Pokok permasalahan yang diajukan adalah Bagaimanakah tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan service pada dealer PT. Astra Honda Motor Gianyar. Dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan service pada dealer PT. Astra Honda Motor Gianyar, faktor-faktor yang perlu mendapat prioritas dari perusahaan dalam usaha memberikan kepuasan kepada pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan pemikiran bagi perusahaan khususnya mengenai kualitas pelayanan sebagai sarana untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Data yang diperoleh dari hasil penelitian yang berupa data kuesioner, dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Dalam menentukan kategori indeks kepuasan konsumen maka harus dicari kepuasan maksimum dan minimum. Dengan demikian rentang skor kepuasan konsumen adalah Rentang skor indeks kepuasan konsumen, yaitu : 450.000 – (-450.000) = 900.000. Dengan demikian rentang skor kepuasan konsumen adalah 900.000 oleh karena itu tingkat kepuasan dikategorikan/diklasifikasikan menjadi 5. Maka interval skor untuk setiap kategori/klasifikasi adalah 900.000 : 5 = 180.000. Berdasarkan pengukuran indeks kepuasan total menggunakan rumus skor kualitas pelayanan. Jadi indeks kepuasan konsumen pada dealer PT. Astra Honda Motor Gianyar sebesar 328.986 dimana poin terletak diantara 270.000 sampai dengan 450.000 artinya tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pada dealer PT. Astra Honda Motor Gianyar adalah sangat puas
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 06:07 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 06:07 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/264 |
Actions (login required)
View Item |