STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATAN JUMLAH WISATAWAN MANCANEGARA PADA HALO BIKE CYCLING TOUR DI GIANYAR

I Ketut, Branayoga STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATAN JUMLAH WISATAWAN MANCANEGARA PADA HALO BIKE CYCLING TOUR DI GIANYAR. STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATAN JUMLAH WISATAWAN MANCANEGARA PADA HALO BIKE CYCLING TOUR DI GIANYAR.

[img] Text
I KETUT BRANAYOGA.pdf - Accepted Version

Download (149kB)

Abstract

Pariwisata merupakan sebagai kumpulan dari bermacam-macam perusahaan yang secara bersama-sama menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa yang dibutuhkan wisatawan pada khusunya dan traveller pada umumnya, selama dalam perjalanan. Salah satu jenis perusahaan yang melayani kebutuhan wisatawan adalah atraksi wisata bersepeda. Melihat tingginya tingkat kunjungan wisatawan yang berlibur ke Bali tersebut menarik minat para pengusaha untuk membuka usaha atraksi wisata bersepeda di Bali. Salah satunya adalah Halo Bike Cycling Tour yang berlokasi di Gianyar. Dalam menjalankan usahanya Halo Bike mengalami persaingan dengan perusahaan wisata bersepeda lain menyebabkan jumlah konsumen atau wisatawan mancanegara menurun. Untuk mengatasi hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang strategi pemasaran yang paling tepat untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara pada Halo Bike Cycling Tour. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang paling tepat dapat diterapkan pada Halo Bike Cycling Tour Gianyar guna meningkatkan konsumen. Kuesioner diberikan kepada 10 orang reponden dimana dalam penelitian ini adalah informan kunci (key informan). Teknik pengumpulan data adalah observasi, kuesioner dan wawancara. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis IFE dan EFE, analisis IE dan analisis SWOT. Hasil dari analisis IFE menunjukan bahwa kekuatan perusahaan terdapat pada “ harga gabungan” dengan skor yaitu 0,1774 dan kelemahan perusahaan terdapat pada “promosi tidak intens” dengan skor yakni 0,0485. Skor total matriks IFE adalah 2,3678. Sedangkan hasil analisis EFE menunjukan bahwa peluang bagi perusahaan adalah” Garuda terbang lagi ke Eropa” dengan skor 0,1764 dan ancaman yang paling berpengaruh terhadap perusahaan adalah “PUTRI Bali” dengan skor 0,2152. Skor total matriks EFE adalah 2,0721. Total analisis IFE dan analis EFE digunakan dalam analisis IE menunjukan bahwa posisi Halo Bike Cycling Tour saat ini pada tahap tumbuh bina (growth and build) dan strategi yang tepat adalah strategi jaga dan pertahankan yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Kemudian hasil analisis IF dipetakan ke dalam analisis SWOT. Setelah dipetakan kemudian dipilih alternative strategi yang paling baik yang diterapkan yaitu 7p yang miliki yaitu product, price, promotion,place, people, process dan physical evidence, menjalin kerjasama dengan stake horder pariwisata dengan peningkatan kualitas pelayanan yang lebih baik agar konsumen merasa nyaman dan tidak kecewa serta bisa mengunakan jasa kita lagi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Wayan Meriawan
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:11
Last Modified: 01 Jul 2020 02:11
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item