I Dewa Nyoman, Adi Wibowo PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA TBK. CABANG GIANYAR. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA TBK. CABANG GIANYAR.
Text
I Dewa Nyoman Adi Wibowo.pdf - Accepted Version Download (226kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah agar dapat mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan pada PT Bank Rakyat Indonesia di Cabang Gianyar. Penelitian dilakukan di Bank Rakyat Indonesia Cabang Gianyar yang berlokasi di Jl Pudak No 19 A Gianyar. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, teknik dokumentasi, dan kuesioner dengan menggunakan skala likert dan metode penentuan sampel yang digunakan sebanyak 99 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kualitas pelayanan berpengaruh siginfikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia, TBk cabang Gianyar. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah yaitu sebesar 21,50 persen. Berdasarkan hasil thitung = 5,147 sig 0,00 dan t tabel 1,661 pada tingkat singifikansi 5 persen persen sehingga HO ditolak dan Ha diterima. Ini secara statistika pada taraf kepercayaan () = 5 persen, maka kualitas pelayanan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y). Dengan demikian hipotesis teruji kebenarannya. Saran yang diberikan agar kualitas pelayanan fisik, dimensi keandalan, yaitu kemampuan bersikap simpatik perlu ditingkatkan dan peningkatan empati berupa peningkatan perhatian terhadap nasabah oleh karyawan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 01:31 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 01:31 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/241 |
Actions (login required)
View Item |