I Dewa Ayu, Juni Ariani PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA KOPERASI PUTRA JAYA SEJAHTERA GIANYAR. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA KOPERASI PUTRA JAYA SEJAHTERA GIANYAR.
Text
I Dewa Ayu Juni Ariani.pdf - Accepted Version Download (142kB) |
Abstract
Koperasi merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, yaitu jasa keuangan. Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kepuasan anggota merupakan hal yang sangat penting sehingga faktor pelayanan mendapat prioritas utama. Kepuasan anggota dalam menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan dapat dijadikan masukan bagi pihak manajemen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan Penelitain ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh kualitas pelayanan yang diuraikan dengan lima indikator yaitu tangible ( bukti fisik), Empathy (empati), responsiviness (daya tanggap), reability (kehandalan), dan assurance ( jaminan) terhadap kepuasan anggota pada Koperasi Putra Jaya Sejahtera Gianyar. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota pada Koperasi Putra Jaya Sejahtera Gianyar. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik sampling aksidental dengan jumlah responden sebanyak 90 orang yang merupakan anggota yang masih aktif dari Koperasi Putra Jaya Sejahtera Gianyar. Dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS version 21.0 for windows untuk menguji hipotesis digunakan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan regresi : Y = 6,847 + 0,198X, dapat diketahui bahwa pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan anggota (Y) Koperasi Putra Jaya Sejahtera Gianyar adalah positif dan signifikan, diuji dengan menggunakan analisa t-test yang memperoleh hasil t-hitung = 6,805 dan t-tabel = 1,662 yang berarti t-hitung > t-tabel, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan hipotesis yang diduga terbukti bahwa pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan anggota (Y) pada Koperasi Putra Jaya Sejahtera Gianyar adalah positif dan signifikan. Sedangkan kontribusi variabel kualitas pelayanan(X) terhadap kepuasan anggota (Y) sebesar 34,5 % sedangkan sisanya 65,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 00:56 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 00:56 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/238 |
Actions (login required)
View Item |