Ni Wayan, Rapini MR PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PEMBALUT MEREK ”CHARM” (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Ngurah Rai Denpasar). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PEMBALUT MEREK ”CHARM” (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Ngurah Rai Denpasar).
Text
NI WAYAN RAPINI MR.pdf - Accepted Version Download (251kB) |
Abstract
Pembalut merupakan kebutuhan pokok bagi wanita, penggunaannya dari waktu ke waktu pun semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah pendudk wanita di Indonesia. Persaingan usaha dalam kategori ini pun sangat sengit. Konsumen saat ini sangatlah kritis dalam memilih suatu produk, keputusan untuk membeli suatu produk sangat dipengaruhi oleh penilaian akan bentuk kualitas produk tersebut. Tuntutan permintaan akan sebuah produk barang yang semakin berkualitas membuat perusahaan yang bergerak diberbagai bidang usaha berlomba-lomba meningkatkan kualitas produk yang mereka miliki demi mepertahankan citra merek (brand image) produk yang mereka miliki. Keputusan pembelian oleh konsumen adalah keputusan yang melibatkan persepsi terhadap kualitas, nilai dan harga. Konsumen tidak hanya menggunakan harga sebagai indikator kualitas tetapi juga sebagai indikator biaya yang dikeluarkan untuk ditukar dengan produk atau manfaat produk. Disinilah kita melihat sejauh mana merek dapat memengaruhi penilaian konsumen dengan citra merek (brand image) dari produk tersebut. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen. Dan dari permasalahan tersebut maka rumusan hipotesisnya adalah diduga bahwa citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk pembalut “charm” pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Ngurah Rai Denpasar. Dengan menggunakan sampel berjumlah 95 orang sebagai responden dan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS versi 20.0. Berdasarkan hasil analisis yang telah diakukan diperoleh persamaan regresi linier sederhana Y = 11,438+0,388X, yang artinya bahwa setiap kenaikan citra merek sebesar satu satuan maka akan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sebesar 11,826 satuan. Dari hasil analisis determinasi diperoleh nilai sebesar 0,242 atau 24,2%. Ini berarti citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 24,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil analisis t-test juga menunjukkan bahwa nilai t-hitung yang diperoleh sebesar 5,452 lebih besar dibandingkan nilai t-tabel sebesar 1,661 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima, bahwa citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk pembalut ‘charm” pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Ngurah Rai Denpasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra Merek, Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 04:27 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 04:27 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/216 |
Actions (login required)
View Item |