ANALISIS MARJIN KONTRIBUSI UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MAKANAN DI SUGAR AND SPICE RESTAURANT PADA ASTON KUTA HOTEL AND RESIDENCE BADUNG

Ni Nyoman, Wardani ANALISIS MARJIN KONTRIBUSI UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MAKANAN DI SUGAR AND SPICE RESTAURANT PADA ASTON KUTA HOTEL AND RESIDENCE BADUNG. ANALISIS MARJIN KONTRIBUSI UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MAKANAN DI SUGAR AND SPICE RESTAURANT PADA ASTON KUTA HOTEL AND RESIDENCE BADUNG.

[img] Text
Ni Nyoman Wardani.pdf - Accepted Version

Download (364kB)

Abstract

Salah satu indikator yang digunakan oleh manajemen Aston Kuta Hotel and Residences untuk mengetahui keberhasilan operasional usaha Restorannya adalah dengan melihat perbandingan antara anggaran dengan realisasi penjualan makanan dan minuman. Disana dijelaskan bahwa tingkat penjualan makanan belum dapat direalisasikan sehingga masih terdapat selisih tidak tercapainya target penjualan yang telah ditetapkan selama satu tahun. Dimana target penjualan makanan ditetapkan sebesar Rp 10.726.769.562,- dengan realisasi sebesar Rp 9.953.007.211,- selisihnya masih cukup jauh yaitu rata – rata 7,21 %, dengan nilai toleransi 5 % perbulannya. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa penjualan makanan tidak berhasil mencapai target. Dari tidak tercapainya target penjualan makanan tersebut pihak manajemen berusaha menelusuri ketidak berhasilannya melalui komentar tamu yang masuk serta wawancara dengan manajer restoran diperoleh data bahwa variasi makanan mendapat komentar paling kurang. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa variasi makanan dalam sebuah menu mempengaruhi penjualan makanan sehingga tidak berhasil mencapai target. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimanakah marjin kontribusi dalam usaha meningkatkan volume penjualan makanan di Sugar And Spice Restaurant dengan metode Menu Engineering? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis menu makanan berdasarkan marjin kontribusi di Sugar And Spice Restaurant, dan menentukan tindak lanjut yang harus dilakukan berdasarkan hasil klasifikasi menu dengan metode menu engineering. Hasil penelitian diketahui bahwa 21 hidangan tergolong dalam kelompok Star dengan persentase 23,59%, 31 hidangan yang tergolong dalam kelompok Plowhorse dengan persentase 34,83%, 16 hidangan tergolong dalam kelompok Puzzle dengan persentase 17,98%, 21 hidangan yang tergolong Dog dengan persentase 23,59%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dilakukan usaha-usaha dalam meningkatkan volume penjulalan seperti melakukan promosi dalam bentuk menjual makanan yang kategori kurang laku dengan harga yang lebih murah, dengan menu makanan yang berbeda setiap bulannya.Melakukan Happy Hour, (seperti beli dua gratis satu) dari menu yang kategori kurang laku dengan waktu yang telah ditentukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Menu, Menu Makanan, Menu Engineering, Marjin Kontribusi, Klasifikasi Menu.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Wayan Meriawan
Date Deposited: 29 Jun 2020 04:10
Last Modified: 29 Jun 2020 04:10
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item