Kadek, Ayu Adiyani PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA OBJEK WISATA PT TAMAN NUSA GIANYAR. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA OBJEK WISATA PT TAMAN NUSA GIANYAR.
Text
KADEK AYU ADIYANI.pdf - Accepted Version Download (153kB) |
Abstract
Tempat pariwisata baru telah menjadi kebutuhan utama bagi para wisatawan local dan mancanegara yang datang untuk berliburan ke Bali. Pemanfaatannya telah merambah ke seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali objek wisata yang penyampaiannya telah dilakukan sedemikian canggihnya sebagai dampak dari perkembangan teknologi informasi. Untuk mewujudkan kepuasan pengunjung tersebut, Objek wisata PT Taman Nusa sebagai tempat wisata yang berorientasi pada konsumen, dalam perkembangannya dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada pengunjung dengan memeperhatikan dimensi kualitas pelayanan itu sendiri, yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Penelitian ini merupakan exploratory research dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survei yang bertujuan untuk mengatahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung pada Objek wisata PT Taman Nusa. Untuk mengatahui hal tersebut maka digunakan analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi sederhana dan analisis determinasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan mengunakan teori penentuan sampel berdasarkan rumus slovin (sevilla et.al.,1960:182). Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan SPSS version 20.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y=87,139 + 0,385X; artinya bahwa setiap kenaikan kualitas pelayanan sebesar 1 satuan maka akan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung pada objek wisata PT Taman Nusa Gianyar sebesar 0,385 satuan. Hasil analisis juga menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,479 yang memberi arti bahwa kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang sedang (cukup) terhadap kepuasan pengunjung pada objek wisata PT Taman Nusa Gianyar, dengan arah hubungan yang positif. Kemudian, besarnya sumbangan (kontribusi) variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung yang diketahui dengan análisis determinasi, nilainya adalah 22,94%, sedangkan sisanya sebesar 77, 06% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil analisis (t-test) juga menunjukkan bahwa nilai bahwa thitung yang diperoleh adalah sebesar 3,656 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,679 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Ini berarti bahwa hipotesis diterima, dimana kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada objek wisata PT Taman Nusa Gianyar
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan, kepuasan pengunjung. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 03:47 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 03:47 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/199 |
Actions (login required)
View Item |