I Ketut, Jarwanta PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BALI BATIKU, GIANYAR. PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BALI BATIKU, GIANYAR.
Text
I Ketut Jarwanta.pdf - Accepted Version Download (242kB) |
Abstract
Bali Batiku merupakan perusahaan batik yang beralamat di Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Bali Batiku memproduksi produk berkualitas tinggi. Produk batik yang dipasarkan oleh Bali Batiku Gianyar memiliki kelebihan dan ciri khas tersendiri dibandingkan dengan produk batik jenis lain. Hal ini telah menjadi kebijaksanaan pemasaran perusahaan dengan harapan produk yang dipasarkan dapat menembus pasar, serta mampu meraih pangsa pasar yang luas. Pada dasarnya keputusan membeli produk batik oleh konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain mutu suatu produk, merek, selera, harga, gaya hidup maupun jangkauan promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Didorong oleh kebutuhan yang ada dalam diri seseorang dan keinginan bahwa kebutuhan dalam diri seseorang terpengaruh jika konsumen menunjukkan rasa senang yang pada akhirnya mengarah pada loyalitas. Pelanggan yang loyal lebih bernilai dari pada pelanggan yang hanya sekedar puas. Sebab pelanggan loyal akan selalu menggunakan produk sepanjang masa dan merupakan sumber pendapatan perusahaan dan Bali Batiku dalam hal ini sudah memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam keputusan membeli. Bagaimana Bali Batiku mempertahankan kualitas produkproduknya sehingga tetap digemari para pelanggan menjadi tujuan utama dalam pengembangan usaha Bali Batiku. Penelitian ini dilakukan pada Bali Batiku Gianyar. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sedangkan menurut sumbernya menggunakan data primer dan skunder. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 50 orang dengan teknik insidensial random sampling. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, kuisioner dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis linier berganda dibantu dengan program SPSS versi 13. Berdasarkan analisis, diperoleh bahwa brand image, harga, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Bali Batiku Gianyar hal ini ditunjukan oleh F-hitung yang diperoleh adalah sebesar 9,908 lebih besar dari F-tabel sebesar 2,57. Secara parsial brand image dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Bali Batiku, akan tetapi kualitas produk secara parsial memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk Bali Batiku Gianyar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand image, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 28 Jun 2020 11:21 |
Last Modified: | 28 Jun 2020 11:21 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/187 |
Actions (login required)
View Item |