PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENCIPTAKAN SUSTAINABLE COMPETTITIVE ADVANTAGE PADA HOTEL BALI SEGARA KUTA BALI

Kadek, Rian Kusmayadi PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENCIPTAKAN SUSTAINABLE COMPETTITIVE ADVANTAGE PADA HOTEL BALI SEGARA KUTA BALI. PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENCIPTAKAN SUSTAINABLE COMPETTITIVE ADVANTAGE PADA HOTEL BALI SEGARA KUTA BALI.

[img] Text
Kadek Rian Kusmayadi.pdf - Accepted Version

Download (159kB)

Abstract

Persaingan bisnisdalam industri perhotelan yang semakin ketat di wilayah Kuta dan sekitarnya mengharuskan pihak manajemen hotel untuk merancang berbagai strategi dalam memenangkan persaingan. Tentunya dengan perubahan lingkungan yang semakin cepat diperlukan strategi untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan (sustainable competitive advantage). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh Hotel Bali Segara serta untuk mengetahui strategi pemasaran Hotel Bali Segara untuk menciptakan sustainable competitive advantage. Variabel dalam penelitian ini menggunakan variabel lingkungan internal pmasaran yaitu: product, price, place, promotion, people, packaging, partnership.serta Lingkungan eksternal pemasaran perusahaan : competition, legistation and regulation, economic environment, technology, societal and cultural environment, dan natural environment. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis SWOT, EFAS, IFAS dan IE. Respoden dalam penelitian ini adalah pihak manajemen Hotel Bali Segara dan Wisatawan yang berkunjung ke Hotel Bali Segara. Hasil penelitian menyatakan bahwa kekuatan hotel terletak pada produk, harga, tempat, orang, paket, program dan hubungan kerjasama. Sedangkan kelemahan terdapat pada promosi. Peluang terletak pada kondisi politik, perundang-undangan yang berlaku, nilai tukar Rupiah, daya beli wisatawan, teknologi, lingkungan sosial. Sedangkan ancaman terdapat pada kondisi persaingan dan keadaan lingkungan alam. Startegi yang dilakukan Hotel Bali Segara untuk menciptakan sustainable competitif advantage adalah dengan strategi pengembangan pasar, pengembangan produk dan penetrasi pasar dan mengembangkan strategi fokus. Saran yang diberikan adalah melakukan promosi yang gencar, memberikan harga khusus, pelatihan untuk karyawan, meningkatkan hubungan kerjasama dengan agen-agen perjalanan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: SWOT, EFAS, IFAS, Bauran Pemasaran, sustainable competitive advantage
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Wayan Meriawan
Date Deposited: 26 Jun 2020 14:00
Last Modified: 26 Jun 2020 14:00
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item