I Komang, Sutama ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNDIKSHA). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNDIKSHA).
Text
I Komang Sutama.pdf - Accepted Version Download (163kB) |
Abstract
Produk mie instan sebagaimana diketahui adalah salah satu produk makanan cepat saji yang semakin lama semakin banyak digemari masyarakat karena kemudahan dalam hal penyajiannya. Demikian juga bagi kalangan mahasiswa yang sebagian besar berdomisili jauh dari orang tua, produk ini merupakan makanan cepat saji yang biasa dikonsumsi karena harganya yang terjangkau, mudah didapatkan dan sifatnya yang tahan lama. Dengan semakin banyaknya mie instan yang ada di pasaran berarti memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merk yang sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu perlu bagi perusahaan untuk menganalisis perilaku konsumen mie instan untuk mengetahui pola pembeliannya. Dengan banyaknya merk mie instan yang ada di pasaran akan mendorong perusahaan bersaing mendapatkan calon konsumen melalui berbagai strategi yang tepat, misalnya mengubah kemasan, warna, aroma, promosi dan harga. Lebih jauh lagi produsen dalam mendistribusikan produknya ke pasar konsumen berusaha agar produknya dapat diterima sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen. Dari uraian tersebut di atas maka judul penelitian ini adalah: Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Instan (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni UNDIKSHA). Penelitian ini bertujuan untuk:1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan untuk membeli produk mie instan, 2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor budaya,sosial,pribadi, dan psikologis secara simultan dan parsial terhadap keputusan mahasiswa untuk membeli produk mie instan. Dari hasil analisis diperoleh bahwa variabel faktor kebudayaan,sosial,pribadi dan psikologis secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan. Dari hasil analisis kedua diperoleh faktor sosial dan psikologis secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan. Sedangkan faktor kebudayaan dan pribadi tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian mie instan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya,sosial,pribadi,psikoogis, dan keputusan konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 11:54 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 11:54 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/162 |
Actions (login required)
View Item |