A.A.Pt., Sinta Dewi PENGARUH KUALITAS JASA PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA HOTEL BESAKIH SANUR BALI. PENGARUH KUALITAS JASA PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA HOTEL BESAKIH SANUR BALI.
Text
A.A.Pt. Sinta Dewi.pdf - Accepted Version Download (184kB) |
Abstract
Hotel Besakih Sanur Bali merupakan salah satu hotel di Bali berusaha memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen akan tetapi masih ditemukan beberapa keluhan pada pelayanan yang diberikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas jasa pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Hotel Besakih Sanur Bali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Hotel Besakih Sanur Bali. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Responden dalam hal ini adalah tamu hotel yang berkebangsaan Australia sebanyak 78 orang. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, koefisien determinasi dan uji statistik t (t-test) dengan bantuan komputer program SPSS version 17.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa Y=0,292 + 0,933X. Hal ini memberikan informasi bahwa nilai a=0,292 artinya tanpa adanya pengaruh kualitas jasa, maka loyalitas konsumen pada Hotel Besakih Sanur Bali sudah ada sebesar 0,292. Sedangkan nilai b=0,933 artinya setiap peningkatan 1 satuan kualitas jasa pelayanan, maka loyalitas konsumen pada Hotel Besakih Sanur Bali meningkat sebesar 0,933. Berdasarkan hasil analisis determinasi diperoleh D=58,10%. Hal ini berarti bahwa kontribusi atau sumbangan kualitas jasa pelayanan adalah sebesar 58,10%. Sedangkan sisanya 41,90% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan analisis uji t di dapat bahwa thitung adalah sebesar 10,267 > ttabel =1,665. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas jasa pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Hotel Besakih Sanur Bali.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Jasa Pelayanan & Loyalitas Konsumen. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 08:16 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 08:16 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/149 |
Actions (login required)
View Item |