ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL PT. AGUNG AUTOMALL DENPASAR

I Gusti Ayu, Pramita Yogantari ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL PT. AGUNG AUTOMALL DENPASAR. ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL PT. AGUNG AUTOMALL DENPASAR.

[img] Text
I GUSTI AYU PRAMITA YOGANTARI.pdf - Accepted Version

Download (392kB)

Abstract

Dewasa ini setiap perusahaan dituntut untuk lebih meningkatkan kemampuan kualitas pelayanannya dalam menghadapi persaingan yang ketat. Dengan kemampuan bersaing, suatu bisnis dapat memperoleh keunggulan bersaing (competitive advantage). Proses untuk memperoleh keunggulan ini merupakan perjuangan sulit yang harus dimenangkan oleh setiap pelaku bisnis di masingmasing sektor yang digeluti baik industri manufaktur maupun jasa, demi mencapai keuntungan. Konsekwensinya semua pelaku bisnis ditantang, dan diuji kemampuan mereka untuk merumuskan strategi bersaing yang nyata. Bersaing dan berhasil dalam lingkungan bisnis yang dinamis dan penuh tantangan berarti sumber-sumber daya yang dimiliki harus selalu inovatif dan siap untuk menanggapi setiap perubahan yang terjadi. Penelitian ini berjudul Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Bengkel PT. Agung Automall Denpasar. Pokok permasalahan yang diajukan adalah Bagaimanakah tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan bengkel pada PT. Agung Automall Denpasar. Dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan pada bengkel PT. Agung Automall Denpasar dan faktor-faktor yang perlu mendapat prioritas dari perusahaan dalam usaha memberikan kepuasan kepada konsumen. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan pemikiran bagi perusahaan khususnya mengenai kualitas pelayanan sebagai sarana untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Data yang diperoleh dari hasil penelitian yang berupa data kuesioner, dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Dalam menentukan kategori indek kepuasan konsumen maka harus dicari kepuasan maksimum dan minimum. Dengan demikian rentang skor kepuasan konsumen adalah Rentang skor indeks kepuasan konsumen, yaitu: 800.000 – (-800.000) = 1.600.000. Dengan demikian rentang skor kepuasan konsumen adalah 1.600.000 oleh karena itu tingkat kepuasan dikategorikan/ diklasifikasikan menjadi 5. Maka interval skor untuk setiap kategori/klasifikasi adalah 1.600.000 : 5 = 320.000. ii ii Berdasarkan pengukuran indeks kepuasan total menggunakan rumus skor kualitas pelayanan. Jadi indeks kepuasan konsumen pada PT. Agung Automall Denpasar sebesar 788.304 dimana poin terletak diantara 480.000 sampai dengan 800.000 yang artinya tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan pada bengkel PT. Agung Automall Denpasar adalah sangat puas

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan; Tingkat Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Wayan Meriawan
Date Deposited: 25 Jun 2020 12:21
Last Modified: 25 Jun 2020 12:21
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item View Item