I Dewa Ayu, Mahliyani PENGARUH BRAND ASSOCIATION DAN BRAND PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUASAN PEMAKAIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA CV. WAJA MOTOR KLUNGKUNG. PENGARUH BRAND ASSOCIATION DAN BRAND PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUASAN PEMAKAIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA CV. WAJA MOTOR KLUNGKUNG.
Text
I Dewa Ayu Mahliyani .pdf - Accepted Version Download (295kB) |
Abstract
Pada saat ini, terlihat adanya kecenderungan masyarakat memilih kendaraan atau transportasi yang murah dan irit bahan bakar, masyarakat mulai dari golongan ekonomi menengah kebawah lebih cenderung memilih merek sepeda motor yang mempunyai persyaratan yang sesuai dengan keinginan masyarakat luas. Sekarang masyarakat dalam menggunakan atau memilih kendaraan roda dua yang mempunyai kelebihan dari sepeda motor yang lainnya. Produsen berusaha memanfaatkan kondisi ini dengan menawarkan pilihan sepeda motor yang relatif lebih murah dengan memiliki keunggulan dan kelebihan dari merek yang lainnya.CV. Waja Motor Klungkung merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang transportasi dengan memanfaatkan keunggulan dan kelebihan dari merek sepeda motor yang lainnya. Sepeda motor Yamaha yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dijadikan pilihan dalam memilih alat transportasi baik untuk keperluan sekolah, bekerja maupun untuk aktifitas lainnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah ada pengaruh antara brand association dan brand perceived quality baik secara parsial maupun secara simultan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan antara brand association dan brand perceived quality terhadap kepuasan pemakaian sepeda motor Yamaha. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, determinasi, uji parsial dan uji simultan. Jumlah sampel yang dijadikan sebagai responden penelitian ditentukan dengan menggunkan exidental sampling yaitu sebanyak 100 orang responden yang memakai sepeda motor Yamaha. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai t-hitung sebesar 3,300 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,660 t nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel dan t-hitung berada pada daerah penolakan H0. Ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan terbukti bahwa secara parsial brand association (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pemakaian sepeda motor Yamaha pada CV. Waja Motor Klungkung. Sedangkan untuk variabel lain diperoleh hasil nilai t-hitung sebesar 4,104 sedangkan nilai t-tabel sebesar 1,660 nilai t-hitung lebih besar dari pada nilai t-tabel dan t-hitung berada pada daerah penolakan H0. Ini berarti bahwa hipotesis terbukti bahwa secara parsial brand perceived quality (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pemakaian sepeda motor Yamaha (Y) pada CV. Waja Motor Klungkung. Berdasarkan uji simultan diperoleh nilaiF-thitung sebesar 12,483 sedangkan nilai F-tabel sebesar 3,09 di mana F-hitung lebih besar dari pada F-tabel dan F-hitung berada pada daerah penolakan H0. Ini berarti bahwa hipotesis terbukti bahwa brand association (X1) dan brand perceived quality (X2) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pemakaian sepeda motor Yamaha (Y) pada CV. Waja Motor Klungkung.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand Association, Brand Perceived Quality dan Kepuasan. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 12:07 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 12:07 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/140 |
Actions (login required)
View Item |