Ni Made, Rina Yuliasari PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA HOTEL GRAND IXORA DI KUTA, BADUNG. PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA HOTEL GRAND IXORA DI KUTA, BADUNG.
Text
NI MADE RINA YULIASARI.pdf - Accepted Version Download (58kB) |
Abstract
Efektifitas kepemimpinan menjadi hal yang penting dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Kepemimpinan pada Hotel Grand Ixora di Kuta, Badung pada dasarnya bisa menyelaraskan diri dengan perubahan situasi. Pimpinan menaruh perhatian yang besar dan keinginan yang kuat agar setiap bawahannya mampu menjalin kerja sama dalam melaksanakan tugasnya masingmasing, yang tidak dapat dilepaskan dari kebersamaan didalam suatu unit atau organisasi sebagai satu kesatuan. Adanya beberapa masalah berkaitan dengan kepemimpinan dan kepuasan kerja karyawan, maka sangat menarik diteliti lebih jauh pengaruh kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Hotel Grand Ixora di Kuta, Badung. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Hotel Grand Ixora di Kuta, Badung. Jumlah sampel penelitian ditentukan dengan metode sensus atau sampel jenuh sebanyak 76 orang karyawan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, analisis determinasi dan uji statistik t (t-test). Hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Hotel Grand Ixora di Kuta, Badung. Ditunjukkan oleh hasil uji statistik (t-test), diperoleh t-hitung = 12,949 > t-tabel = 1,666 terletak pada daerah penolakan Ho dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 berarti kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Saran-saran yang diajukan bagi pihak manajemen adalah, dalam usaha meningkatkan kepemimpinan, maka pimpinan sebaiknya memberikan pekerjaan sesuai dengan bidang tugas karyawan, dan dapat bersikap tegas kepada karyawan senior jika melakukan kesalahan. Dalam usaha lebih meningkatkan kepuasan kerja karyawan sebaiknya karyawan yang kinerjanya baik diberikan penghargaan dalam bentuk finansial sehingga lebih termotivasi dalam bekerja dan melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, serta memberikan kesempatan yang sama kepada karyawan dalam hal promosi jabatan sesuai dengan prestasi kerjanya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Kepuasan Kerja. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 23:59 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 23:59 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/123 |
Actions (login required)
View Item |