I Wayan, Mas Budiasa ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR DESA MAS DI UBUD, GIANYAR. ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR DESA MAS DI UBUD, GIANYAR.
Text
I Wayan Mas Budiasa.pdf - Accepted Version Download (394kB) |
Abstract
Pelayanan dalam suatu pemerintahan sangat penting, karena baik buruknya pelayanan yang diterima masyarakat bisa mempengaruhi sikap masyarakat untuk menggunakan atau memanfaatkan pelayanan lembaga itu sendiri. Semakin baik pelayanan yang diberikan oleh suatu lembaga pemerintah maka semakin banyak masyarakat yang akan memanfaatkan jasa pada lembaga tersebut. Kualitas pelayanan suatu lembaga sangat erat hubungannya dengan kepuasan konsumen dalam hal ini adalah masyarakat. Kualitas pelayanan memberikan suatu dorongan kepada masyarakat untuk menjalin hubungan yang baik dengan lembaga pemerintahan, dalam jangka waktu panjang memungkinkan aparat pemerintah untuk memahami dengan seksama harapan masyarakat serta kebutuhan mereka, dengan demikian lembaga pemerintah bisa memaksimumkan pengalaman masyarakat yang menyenangkan dan meminimumkan pengalaman masyarakat dapat menciptakan kepercayaan masyarakat kepada lembaga pemerintahan dalam hal ini pegawai/karyawan di Kantor Desa Mas Ubud Gianyar dalam memberikan kualitas pelayanan. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Desa Mas Ubud kepada masyarakat dan faktor-faktor yang dominan mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Desa Mas Ubud. Dari permasalahan tersebut digunakan metode penentuan sampel, dengan menggunakan purposive random sampling, yaitu jumlah sampel dari populasi di Desa Mas Ubud yang berjumlah 2.374 KK. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Kantor Desa Mas Ubud, dan factor apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Desa Mas Ubud. Dengan menggunakan sampel yang berjumlah 100 KK sebagai responden peneliti dan menggunakan teknik analisis skor kualitas jasa. Berdasarkan hasil analisis data maka didapat hasil penelitian bahwa pelayanan yang diterima masyarakat pada Kantor Desa Mas Ubud merasa cukup puas. Dan faktor-faktor yang perlu mendapatkan prioritas yaitu pelayanan pada Kantor Desa Mas Ubud Gianyar sesuai janji, pelayanan pada Kantor Desa Mas Ubud Gianyar dilakukan tepat waktu, pengetahuan karyawan pada Kantor Desa Mas Ubud Gianyar dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, dan keramahan karyawan pada Kantor Desa Mas Ubud Gianyar dalam melayani masyarakat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Masyarakat. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Mr Wayan Meriawan |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 23:38 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 23:38 |
URI: | http://repo.unr.ac.id/id/eprint/116 |
Actions (login required)
View Item |