ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGAMBILKEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU TELEPON SELULER INDOSAT IM3 PADAPELAJAR SMA NEGER 1 GIANYAR DI KABUPATEN GIANYAR

Ni Wayan, Nita Utari ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGAMBILKEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU TELEPON SELULER INDOSAT IM3 PADAPELAJAR SMA NEGER 1 GIANYAR DI KABUPATEN GIANYAR. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGAMBILKEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU TELEPON SELULER INDOSAT IM3 PADAPELAJAR SMA NEGER 1 GIANYAR DI KABUPATEN GIANYAR.

[img] Text
NI WAYAN NITA UTARI.pdf - Accepted Version

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kartu telepon seluler Indosat IM3 (Y), yaitu meliputi faktor kebudayaan (X1), sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologis (X4). Pengambilan objek penelitian ini yaitu pengguna kartu telepon seluler Indosat IM3 di pada pelajar SMA Negeri 1 Gianyar. Penentuan sampel menggunakan porposive random sampling artinya pengambilan sampel secara sengaja, peneliti menentukan sendiri sampel yang diambil karena ada pertimbangan tertentu, dengan jumlah sampel 50 orang. Analisis yang digunakan adalah regresi liner berganda dan analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS version 21.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 7,026+ 0,238X1+0,023X2+ 0,097X3+ 0,647X4. Dapat diketahui bahwa variabel kebudayaan (X1), sosisl (X2), pribadi (X3), dan psikologis (X4) secara bersama-sama berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian kartu telepon seluler Indosat IM3 pada pelajar SMA Negeri 1 Gianyar (Y). Hal ini ditunjukan dengan nilai Fhitung sebesar 18,779 dengan signifikasi 0,000. Sementara itu nilai Ftabeldengan signifikasi 0,05 adalah sebesar 2,42. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa Fhitung>Ftabel (18,779 > 2,42). Hal tersebut menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel bebas (kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis) memberikan sumbangan (kontribusi) sebesar 62%. Sedangkan sisanya 38% disumbangkan oleh variabel lain yang tidak di analisis dalam penelitian ini. Faktor Psikologis mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian kartu telepon seluler Indosat IM3 pada pelajar SMA Negeri

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan, Sosial, Pribadi, Psikologis, Keputusan pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Wayan Meriawan
Date Deposited: 22 Jun 2020 06:47
Last Modified: 22 Jun 2020 06:47
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item View Item