HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG KUTA

Ketut, Putra Indrawan HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG KUTA. HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG KUTA DI KUTA.

[img] Text
KETUT PUTRA INDRAWAN.pdf - Accepted Version

Download (322kB)

Abstract

Pelayanan pada dasarnya dapat dikatakan sebagai suatu tindakan dan perlakuan atau cara melayani orang lain untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginannya. Tingkat kepuasan konsumen atas suatu pelayanan dapat diukur dengan membandingkan antara harapan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diinginkan dengan kenyataan yang diterimanya atau dirasakannya. Studi ini untuk melihat kesenjangan antara jasa yang diharapkan dengan jasa yang dirasakan oleh konsumen PT. Federal International Finance Cabang Kuta . Sehingga yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimakah hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Federal Internatioanal Finance cabang Kuta?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Lokasi penelitian ini dilakukan di PT. Federal International Finance Cabang Kuta dengan objek penelitiannya hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Federal International Finance cabang Kuta. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara oleh PT. Federal International Finance Cabang Kuta secara langsung dan studi dokumentasi atau mencari dengan menggunakan buku dan literatur. Penetuan sampel yang menggunakan rumus dari Taro atau slovin dalam Riduwan(2007:65). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan melalui analisis korelasi sederhana diperoleh nilai r sebesar 0,772. Hal ini mengindikasikan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Dengan arah hubungan yang positif dapat diartikan bahwa bila kualitas pelayanan lebih ditingkatkan , maka tingkat kepuasan konsumen pada PT. Federal International Finance Cabang Kuta akan meningkat pula. Hasil perhitungan tersebut menunjukan r > 0 ini berarti hasil analisis terletak pada daerah penolakan Ho. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hipotesis yang bunyinya: “Adanya hubungan positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Federal International Finance Cabang Kuta. Hal ini bearti bahwa semakin kualitas pelayanan ditingkat maka kepuasan konsumen juga semakin meningkat (hipotesis terbukti)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Kepuasan konsumen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Wayan Meriawan
Date Deposited: 22 Jun 2020 05:41
Last Modified: 22 Jun 2020 05:41
URI: http://repo.unr.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item